Tingkatkan Branding Produk dengan 5 Langkah Mudah Ubah Nama Domainmu

Must read

Aditya
Adityahttps://ryolatech.id
Mobile developer, blogger, and tech enthusiast.

Salah satu hal yang cukup penting dalam marketing sebuah produk yakni dengan menggunakan internet marketing. Nah, salah satu langkah yang cukup umum dilakukan oleh banyak orang yakni dengan menggunakan blog berbasis domain WordPress. Namun, tak selamanya anda bisa menggantungkan diri pada keberadaan domain wordpress. Oleh sebab itu ketahui cara ganti domain wordpress dengan mudah. 

Tujuan Ganti Nama Domain

Sebenarnya secara umum tujuan penggantian domain yakni untuk rebranding serta mengubah ekstensi dari sebuah domain. Rebranding dilakukan jika anda ingin membuat kesan perusahaan yang berbeda dari sebelumnya jadi anda bisa mengganti domainnya. Salah satu perusahaan yang cukup berhasil dalam rebranding adalah Twitter. 

Selain rebranding, mengubah nama domain juga bisa mengubah ekstensi sebuah domain. Kadang ekstensi domain yang ada kurang terkenal atau terlalu panjang misalnya namawebsite.ryolatech.id dan domain ini tidak begitu relevan dengan audiens yang nantinya akan dijangkau oleh sebab itu banyak orang memutuskan untuk melakukan pengubahan nama domain. 

Cara Ganti Domain WordPress

Langkah apa saja yang bisa anda lakukan dalam mengubah nama sebuah domain? Pastikan ada sudah melakukan beberapa hal dasar misalnya memiliki backup website, FTP Client atau nama domain yang baru. 

Backup website dibutuhkan untuk memulihkan apabila nantinya terjadi kendala pada sistem yang digunakan. Selain itu jika anda berminat untuk mengubah domain wordpress maka anda juga harus masuk ke bagian hPanel atau juga bisa dengan bantuan FTP client.

Jika ingin mengubah domain website, akan lebih baik bagi anda melakukan riset sederhana untuk mendapatkan nama – nama potensial yang dapat digunakan. 

Langkah Mudah Ganti Domain

Nah, 5 langkah mudah yang bisa anda lakukan untuk mengubah domain yakni pastikan sudah berlangganan domain. Saat ini banyak penyedia layanan hosting yang menjual alternatif domain yang bisa anda pilih. Biasanya mereka juga menyediakan paket layanan domain ini. 

Langkah kedua, anda bisa mulai mengganti alamat / URL website yang anda miliki melalui dashboard wordpress dan masuk ke layanan setting untuk kemudian bisa mengganti alamat wordpress. Jika sudah selesai jangan lupa untuk menyimpannya. 

Langkah ketiga, jangan lupa untuk memperbarui file wp-config.php. Untuk mengaksesnya gunakan hPanel selain itu sudah cukup banyak tutorial yang ada di internet. Langkah keempat, anda bisa mulai untuk memperbaharui database. Pilih database yang menyimpan file WordPress yang anda miliki  dan jangan lupa Enter phpMyAdmi. Selanjutnya bisa memilih wp_options untuk mengedit bagian home serta site URL.

Langkah terakhir, anda hanya perlu mengalihkan domain wordpress lama ke domain baru secara permanen. URL yang digunakan untuk pengalihan ini bisa memuat layanan informasi Rank. Fungsi layanan ini untuk kebutuhan SEO. 

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img

Latest article