Bagaimana Cara Menghilangkan Iklan di Laptop?

Must read

Aditya
Adityahttps://ryolatech.id
Mobile developer, blogger, and tech enthusiast.

Ryolatech.id – Kebanyakan orang pasti kesal dengan iklan yang bermunculan secara tiba-tiba, oleh karena itu untuk mengatasi hal tersebut di bawah ini akan dijelaskan mengenai bagaimana cara menghilangkan iklan di laptop.

Cara Menghilangkan Iklan di Laptop

Iklan adalah salah satu cara untuk menginformasikan, mendorong, dan membujuk seseorang agar mau melakukan sesuatu misalnya seperti kunjungi website tertentu, diminta untuk membeli sesuatu, mengunjungi suatu tempat, dan masih banyak lagi contoh lainnya. Iklan sendiri bisa muncul di berbagai tempat misalnya seperti di halaman website, media sosial, aplikasi, game, tayangan video, tayangan musik, dan lain-lain.

Walaupun mempunyai tujuan yang cukup bagus yaitu untuk mempromosikan sesuatu, tetapi keberadaan iklan ini juga seringkali meresahkan banyak pengguna. Contoh kasusnya seperti saat seseorang sedang fokus mengerjakan tugas yang dekat dengan deadline kemudian muncul banyak iklan secara terus menerus dan tiba-tiba.

Contoh lainnya seperti sedang presentasi hal penting kemudian bermunculan banyak iklan yang mana laptop masih dalam keadaan tersambung dengan proyektor dan masih ada banyak contoh situasi lainnya. Jika dipikir-pikir mereka cukup menjengkelkan bukan??

Di bawah ini adalah penjelasan mengenai cara mengatasi iklan yang bermunculan di laptop, antara lain:

Hapus File Temporary

Cara yang pertama adalah menghapus file temporary. File temporary sendiri adalah file yang isinya adalah kumpulan data yang sudah tersimpan secara otomatis ketika Kamu menggunakan PC atau laptop. File temporary ini juga bisa menyimpan data pada aplikasi iklan secara otomatis. Jadi adanya iklan yang muncul secara tiba-tiba di laptop atau PC bisa saja ada hubungannya dengan file temporary. Oleh karena itu untuk menghilangkan iklan akibat file temporary adapun beberapa langkah yang harus Kamu lakukan, antara lain:

  1. Langkah pertama yang harus Kamu lakukan adalah dengan mengaktifkan laptop kemudian klik “Windows + R”.
  2. Lalu ketikkan “temp” dan klik “OK”.
  3. Jika sudah, hapus semua file dan folder yang tersedia di jendela tersebut.
  4. Kemudian klik “Windows + R” lalu ketikkan “%temp%” dan  “OK”.
  5. Hapus kembali semua folder dan file yang ada di dalam jendela tersebut.
  6. Langkah terakhir yang perlu dilakukan adalah memulai kembali atau restart PC atau laptop Kamu.

Lakukan Scanning Virus

Virus pada laptop atau PC bisa datang dari mana saja misalnya seperti dari flashdisk, internet, atau beberapa aplikasi yang pernah Kamu install. Untuk bisa menghilangkan virus penyebab adanya iklan Kamu bisa menggunakan antivirus atau bisa juga dengan Windows Defender. Berikut ini adalah penjelasan mengenai cara menghilangkan iklan dengan menggunakan Windows Defender, yaitu:

  1. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan mengaktifkan PC atau laptop kemudian buka Windows Defender. Cara menemukan Windows Defender ini bisa dengan beberapa cara yaitu dengan melalui “Settings”, “Group Policy”, dan “Registry Editor”. Berikut ini adalah penjelasan mengenai salah satu cara menemukan Windows Defender yaitu melalui Registry Editor:
  • 1.1 Pertama adalah buka “Run” terlebih dahulu dengan klik tombol “Windows + R” dan ketik “regedit” kemudian klik tombol “Enter”.
  • 1.2 Ketikkan “HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Policies\Microsoft\Windows Defender”.
  • 1.3 Carilah file “DWORD” kemudian yang berjudul “DisableAntiSpyware”. Jika tidak ada pilih “New” lalu klik “DWORD (32-bit) Value”.
  • 1.4 Jika sudah, klik kanan file lalu pilih “Modify”.
  • 1.5 Nantinya akan muncul kolom “Value data” kemudian masukkan angka “0” lalu klik “OK”.

2. Jika sudah berhasil membuka Windows Defender maka pilihlah opsi “Quick” dan “Scan Now”.

3. Tunggulah hingga proses scanning virus selesai lalu hapuslah semua virus yang sudah terdeteksi.

4. Langkah terakhir adalah memulai ulang atau restart laptop atau PC.

Uninstall atau Hapus Aplikasi yang Mencurigakan

Penyebab munculkan iklan di PC atau laptop adalah dari aplikasi yang pernah Kamu install sebelumnya. Oleh karena itu Kamu perlu menguninstall atau menghapus aplikasi yang terlihat mencurigakan. Berikut ini adalah caranya:

  1. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan membuka “Control Panel” kemudian klik “Uninstall program”.
  2. Setelah itu akan muncul jendela atau halaman dengan banyak daftar aplikasi.
  3. Kemudian pilihlah aplikasi mana yang terlihat mencurigakan sebagai penyebab iklan.
  4. Jika sudah, klik kanan pada nama aplikasi tersebut kemudian klik “Uninstall”.

Semoga informasi mengenai cara menghilangkan iklan di laptop ini bisa membantu khususnya untuk Kamu yang sedang jengkel-jengkelnya dengan keberadaan iklan tak diundang. Sekian dan sampai jumpa lagi!

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img

Latest article