Rekomendasi Emulator Android Paling Ringan Untuk Pc Dan Laptop

Must read

Aditya
Adityahttps://ryolatech.id
Mobile developer, blogger, and tech enthusiast.

Di kalangan para android developer dan gamers yang biasa bermain gim di ponsel, software emulator android paling ringan untuk PC bisa menjadi life changer bagi mereka.

Mungkin terkesan berlebihan, tapi keberadaan software emulator android memang banyak digemari di kalangan gamers. Hal ini tak lain karena emulator android bisa memudahkan mereka untuk bermain gim android di perangkat laptop atau PC.

Emulator android adalah sebuah software yang biasanya berupa open source dan bisa langsung diunduh di website resminya masing-masing. Sekarang ini sudah cukup banyak merk software emulator android yang tersedia.

Pada artikel kali ini, akan dibahas mengenai rekomendasi beberapa emulator android yang ringan saat dijalankan di PC. Namun sebelum itu, simak dulu penjelasan kegunaan emulator android berikut ini.

Kegunaan Emulator Android

Emulator android memiliki kegunaan ‘membawa’ fungsi dan tampilan android ke dalam laptop ataupun PC. Emulator android bekerja dengan cara meniru cara kerja hardware dan software ponsel android hingga bisa dijalankan di perangkat PC.

Secanggih apapun ponsel android yang kamu miliki, pasti berbeda kan jika bisa dijalankan di laptop? Laptop memiliki keyboard dan mouse yang akan memberikan kenyamanan lebih saat digunakan. Ditambah lagi dengan layar yang pastinya lebih luas dibandingkan layar ponsel.

Selain itu, dengan menggunakan emulator android, kamu juga bisa menjalankan aplikasi android yang tidak ada versi Windows atau Mac-nya di laptopmu.

Selain digunakan oleh end user, emulator android juga banyak digunakan oleh pengembang aplikasi untuk kepentingan testing. Biasanya, pihak pengembang akan mencoba menjalankan aplikasi yang mereka buat di PC dengan menggunakan software emulator android sebelum diluncurkan.

Dengan begini, pengembang bisa mengetahui secara real-time bagaimana aplikasi mereka saat dijalankan di ponsel android sungguhan dan untuk mengecek keberadaan error atau bugs sehingga bisa segera ditangani.

Daftar Emulator Android Paling Ringan

Berikut ini adalah daftar dan rekomendasi 5 software emulator android terbaik yang bisa langsung kamu install.

Leapdroid

The new kid on the block has arrived! Yup, ini dia Leapdroid si pendatang baru yang langsung mencuri perhatian pengguna emulator android.

Kelebihan dari Leapdroid adalah kecepatan dan kemulusan aplikasi saat dijalankan di PC. Bahkan saat memainkan gim berat sekalipun, kamu akan tetap merasakan kecepatan dan kemulusan tersebut.

Cukup dengan meng-install software ini di laptop dan mengsinkronkannya dengan akun Google androidmu maka emulator siap digunakan.

LDPlayer

Berbeda dengan Leapdroid, LDPlayer merupakan ‘pemain lama’ yang sudah cukup dikenal terutama di kalangan gamers. Software ini memang dirancang bagi pengguna android yang ingin memainkan gimnya di PC.

LDPlayer disukai karena performanya yang baik. Saat menjalankan aplikasi menggunakan LDPlayer, aplikasi dapat berjalan dengan smooth dan cepat. Kelebihan lainnya adalah, tidak begitu banyak iklan yang terpasang dan pengguna bebas dari spyware yang bisa mengancam privasi pengguna.

AMIDuOS

AMIDuOS juga merupakan salah satu software emulator yang cukup baik performanya. AMIDuOS memiliki UIyang user-friendly sehingga mudah untuk dioperasikan oleh pemula sekalipun.

AMIDuOS didukung dengan sistem android Jellybean dan Lollipop dan bisa dijalankan pada PC dengan Windows 32-bit maupun 64-bit.

Andy

Rekomendasi emulator berikutnya adalah Andy. Sama seperti kawan-kawannya yang lain, Andy juga merupakan emulator android yang memiliki performa baik saat dijalankan di PC.

Kamu bisa memainkan ratusan bahkan ribuan gim dan aplikasi android lainnya di PC dengan menyenangkan menggunakan Andy.

Selain menggunakan mouse, touch pad, dan keyboard, Andy juga mengizinkan penggunanya untuk menjadikan smartphone sebagai controller hanya dengan menyambungkan ponsel dengan PC menggunakan Bluetooth atau sambungan Wifi.

MeMu

Rekomendasi emulator ringan yang terakhir adalah MeMu. Eits, jangan salah ditaruh terakhir bukan berarti karena performanya yang paling buruk, lho.

MeMu dikenal sebagai emulator yang memiliki performa baik bahkan dibanding dengan emulator lain. Terbukti dari berbagai review positif yang banyak diterima MeMu dari penggunanya.

Soal produktifitas dan entertainment, MeMu tidak perlu diragukan lagi kualitasnya!

Nah itu dia beberapa rekomendasi emulator android paling ringan untuk laptop dan PC-mu. Semoga informasi ini bermanfaat.

- Advertisement -spot_img

More articles

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img

Latest article