Rekomendasi Cara Kalibrasi Baterai iPhone Mudah dan Terbaru

Must read

Aditya
Adityahttps://ryolatech.id
Mobile developer, blogger, and tech enthusiast.

Banyak orang yang belum mengetahui cara kalibrasi baterai iPhone dengan mudah. Salah satu bagian penting dari perawatan perangkat iPhone sendiri adalah mengalibrasi baterai iPhone. Kemudian manfaat dari mengalibrasi baterai juga banyak yang tidak tahu.

Untuk melakukan langkah-langkah mengalibrasi banyak yang tidak sempat atau tidak ingin meluangkan waktunya. Pengguna iPhone bisa saja mengalami pengurasan baterai yang lebih cepat, pembacaan persentase baterai yang kurang tepat atau tidak akurat hingga total umur baterai yang lebih singkat jika baterai tidak dikalibrasi dengan cara yang benar.

Kalibrasi yang buruk bisa menjadi penyebab iPhone mati secara mendadak karena persentase masa pakai mencapai satu digit. Kalibrasi baterai yang salah bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Perbedaan kondisi baterai yang sesungguhnya dengan tampilan indikator baterai dapat disebabkan oleh background apps refreshing, pembaruan software, adanya fitur baru hingga penggunaan iPhone sehari-hari.

Pengguna bisa mengikuti cara-cara di bawah ini untuk melakukan kalibrasi baterai. Namun pengguna disarankan untuk melakukan beberapa hal sebelum memulai proses kalibrasi baterai, seperti disable background refresh, mengurangi kecerahan layar, disable layanan lokasi, dan mematikan automatic updates.

Langkah-langkah Proses Kalibrasi Baterai iPhone

Dikutip dari Make Use Of, berikut cara mengalibrasi baterai iPhone yang bisa dicoba di rumah setelah semua hal yang disebutkan sebelumnya telah dimatikan. Berikut caranya. 

  • Menguras baterai iPhone

Menguras baterai iPhone adalah hal pertama yang harus dilakukan dalam proses mengalibrasi baterai iPhone. Jika menggunakan secara normal, pengguna bisa melakukan cara ini. Pengguna bisa memutar video yang panjang di aplikasi YouTube dengan volume yang dinaikkan mencapai level maksimal, sehingga proses kalibrasi dapat dipercepat. 

  • Menunggu sampai tiga jam

Jika diperhatikan meskipun baterai iPhone tersisa sedikit, terkadang iPhone akan mati secara otomatis. Sebenarnya proses tersebut telah direncanakan agar perangkat dapat menyimpan status aplikasi yang mana tidak akan membuat pengguna kehilangan data. 

Cara yang bisa dilakukan untuk membiarkan masa pakai baterai sampai mati adalah dengan menunggunya. Pengguna disarankan setidaknya menunggu hingga tiga jam, namun lebih lama juga akan lebih baik. Ada baiknya untuk membiarkannya semalaman jika pengguna mempunyai waktu yang lebih. 

  • Mengisi daya perangkat

Selanjutnya adalah mengisi daya baterai. Agar kinerja dari kalibrasi dapat optimal, ikuti hal-hal berikut, yaitu:

  • Mengisi daya melalui stop kontak. Gunakan juga pengisi daya resmi dari Apple atau telah memastikan kabel lightning bukan yang tiruan.
  • Setelah baterai iPhone terisi secara penuh atau 100%, jangan cabut charger dan lanjutkan pengisian daya selama beberapa jam.
  • Menguras perangkat

Ulangi seluruh proses untuk kedua kalinya. Kuras lagi perangkat iPhone seperti sebelumnya. Bisa menggunakan untuk hal-hal biasa atau memutar video panjang untuk mempercepat proses pengurasan.

  • Menunggu selama tiga jam lagi

Ulangi proses menunggu tiga jam seperti sebelumnya. Pengguna diharuskan untuk memastikan menghabiskan sampai daya baterai terakhir perangkat iPhone. Semakin lama pengguna meninggalkannya maka akan semakin baik.

  • Mengisi daya perangkat

Pengguna harus mengisi lagi daya iPhone seperti sebelumnya. Tetaplah mengisi daya iPhone selama beberapa jam meskipun baterai telah mencapai 100% atau penuh. 

Aktifkan kembali fungsi dan layanan dari perangkat iPhone yang sebelumnya telah dimatikan. Pengguna bisa mengaktifkan kembali background apps refreshing, kecerahan layar otomatis sampai pembaruan otomatis software.

Cara Mengatasi Baterai iPhone Yang Boros

Daya yang digunakan untuk menjalankan perangkat iPhone akan semakin besar jika berbagai layanan, software, atau service digunakan secara bersamaan. Daya baterai akan dibutuhkan oleh layanan atau fitur yang bekerja secara background. Daya baterai akan tersita banyak jika pengguna memakai aplikasi di perangkat iPhone secara background dengan jumlah yang banyak.

Untuk mengatasinya, pengguna harus masuk ke menu “Setting”. Lalu pilih “Battery”. Lalu akan terlihat konsumsi baterai dari masing-masing aplikasi. Sehingga pengguna bisa mengurangi pemakaian aplikasi tersebut dengan menutupnya. Tutup aplikasi tersebut jika dirasa tidak menggunakan aplikasi tersebut secara terus-menerus.

Cara Mengatasi Baterai iPhone Yang Boros

Untuk mengetahui cara lain untuk mengatasi baterai boros iPhone, simak penjelasannya berikut ini, yaitu:

  • Mengaktifkan mode power safe

Fitur cerdas yang disediakan oleh Apple kini hadir untuk menghemat baterai adalah fitur Mode Power Safe. Saat diaktifkan, Power Safe Mode akan berakibat pada performa perangkat iOS sesuai dengan namanya. Dengan diaktfikannya mode ini penggunaan daya baterai akan dikurangi yang mana akan mempengaruhi resolusi layar yang digunakan, tingkat kecerahan layar, dan berbagai fitur lainnya akan tergradasi secara otomatis ke posisi yang hanya dibolehkan oleh mode Power Safe.

Fitur push-mail juga akan dinonaktifkan karena konektivitas jaringan internet yang dibatasi, sehingga jika pengguna ingin mengetahui apakah ada email baru atau tidak harus dilakukan oleh pengguna secara manual. Namun keuntungannya adalah ketahanan baterai akan bertambah sampai dua jam jika mengaktifkan fitur tersebut. Hal ini akan sangat berguna apalagi bagi yang tidak menemukan stop kontak untuk men-charging perangkat iPhone.

  • Nonaktifkan location services atau layanan GPS

Fitur GPS atau location services sudah pasti ada di semua perangkat smartphone, termasuk iPhone yang gunanya adalah untuk membantu pengguna saat mencari arah jalan suatu tujuan atau destinasi. Fitur location services biasanya dibutuhkan untuk menentukan titik awal dan tujuan dalam menavigasi arah dan tujuan serta terdapat di berbagai aplikasi, seperti Grab, Google Maps, Go-Jek, dan Waze

Selain itu fitur GPS ini juga dapat membantu driver aplikasi transportasi online untuk menemukan lokasi titik penjemputan pelanggan. Jika pengguna iPhone sedang tidak menggunakan aplikasi tersebut, sebaiknya matikan fitur GPS. Karena fitur tersebut terus-menerus meng-update lokasi terbaru lokasi pengguna berada, sehingga bisa menguras baterai dengan cepat. Selain itu data internet juga akan terkuras jika mengaktifkan fitur ini.

  • Mengatur refresh background aplikasi

Terdapat fitur background app refresh yang saat ini tersedia di sistem operasi Apple terbaru. Fitur ini berfungsi untuk memperbarui berbagai informasi saat aplikasi berjalan di background. Proses itulah yang menyebabkan baterai cepat habis tanpa kita sadari karena berjalan di background atau tidak tampak di layar ponsel.

Dengan begitu pengguna perlu menanganinya dengan membuka “Background App Refresh” di menu “Settings”. Fitur tersebut bisa pengguna gunakan untuk memilih aplikasi mana yang bisa memakai fitur Background App Refresh. Pengguna juga bisa mematikan fitur Background App Refresh sepenuhnya jika ingin lebih menghemat baterai. Namun jika fitur tersebut dimatikan, pengguna kemungkinan tidak bisa mendapatkan pesan chatting yang masuk secara real time.

Demikianlah artikel mengenai langkah-langkah kalibrasi baterai iPhone dan cara mengatasi baterai iPhone yang boros. Semoga informasi dalam artikel ini dapat memberikan pengetahuan baru bagi pembaca, khususnya yang sedang mencari informasi mengenai cara mengalibrasi baterai perangkat iPhone. Jika sobat Ryola menggunakan HP Android Samsung , Ryolatech juga sudah memberikan cara kalibrasinya.

- Advertisement -spot_img

More articles

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img

Latest article