Tips Agar Laptop agar Tidak Lemot Alias Lalot

Must read

Fungsi laptop tentunya memiliki banyak kegunaan yang dapat membantu kegiatan anda sehari-hari khusus untuk mendukung pekerjaan anda dimana laptop bukan hanya sekedar gadget untuk menonton video atau memutar musik. Lebih dari itu, laptop dapat anda fungsikan sebagai alat untuk mengetik, mengedit, program dan masih banyak lagi fungsi lainnya.

Namun terkadang timbul masalah yang sering ditanyakan oleh pengguna laptop dimana laptop lemot atau lalot alias lambat loading yang membuat segala aktifitas menggunakan laptop menjadi terganggu dan lebih lama dari biasanya, apalagi laptop yang lemot pada saat yang genting saat anda sedang mengerjakan tugas atau pekerjaan yang pastinya sangat menjengkelkan.

Lalu bagaimana mengatasi masalah laptop yang lemot atau lalot? Tidak usah panik duluan dan berpikir kerusakan parah dan langsung ke tempat service, sebab ada beberapa cara mengatasi laptop yang lemot yang akan kita bahas sebagai berikut :

Tips Agar Laptop agar Tidak Lemot Alis Lalot

Menambah kapasitas RAM

Solusi ini adalah yang paling efektif dan menjadi jalan mudah agar kinerja laptop anda kembali mulus dan lancar sebab sebagain besar masalah laptop yang lemot disebabkan RAM yang kecil dan tidak bisa mengoperasikan program dan file berat di laptop anda. Ada berbagai pilihan RAM, mulai dari 2GB, 4GB, hingga 8GB.

Mengganti HDD ke SSD

Apabila laptop anda lemot, selain mengecek kapasitas RAM, anda juga wajib mengecek metode penyimpanan laptop anda apakah model HDD atau SSD, jika masih menggunakan tipe HDD, ada baiknya anda mengganti ke SSD yang mana lebih cepat untuk performa laptop anda.

Membersihkan File yang Tidak Berguna

Jumlah file yang terlalu banyak akan dapat mempengaruhi performa laptop anda apalagi jika penyimpanan laptop anda tergolong kecik, maka dari itu pisahkan file penting yang harus tersimpan dan file yang bisa anda segera hapus dan bisa sewaktu-waktu anda hapus untuk bersih-bersih file laptop agar tidak menumpuk.

Hapus Program Yang Tidak Anda Gunakan

Program yang banyak menjadi salah satu penyebab laptop lemot apalagi jika RAM anda kecil, sebab pengoperasian program akan membuat size RAM akan semakin kecil dan membuat laptop anda semakin lemot.

Gunakan anti virus

Virus dapat menyebabkan laptop anda menjadi lemot alias lalot, maka gunakan anti virus yang terpercaya untuk membasmi dan menangkal virus. Ingat, jangan gunakan program antivirus terlalu banyak di laptop anda karena akan membuat kinerja laptop anda akan semakin berat juga sebab antivirus akan bekerja ketika laptop dinyalakan hingga laptop dimatikan.

Defragment harddisk

Hal ini berfungsu untuk bisa membantu hardisk untuk bekerja lebih efisien dan lebih teratur, agar performa laptop semakin ringan.

Menggunakan disk cleanup

Disk Cleanup berfungsi untuk melakukan pembersihan pada disk. Ini bisa membantu untuk membersihkan file-file yang bersifat sementara pada hardisk.

Hibernate mode

Mode hibernate ketika akan masuk ke Windows, dimana fungsi adalah untuk menyimpan memori yang saat itu sedang dimatikan. Hibernate mode dapat membantu membuat memori menjadi lebih segar kembali saat diajak untuk kerja yang lebih berat.

Demikian informasi mengenai langkah-langkap dan Tips Agar Laptop agar Tidak Lemot Alis Lalot (lambat loading) dan semoga dapat membantu anda agar laptop anda kembali memiliki kinerja yang mulus dan lancar.

- Advertisement -spot_img

More articles

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img

Latest article